Selasa, 06 Desember 2016

Sejauh mana manfaat penggunaan internet dalam pencarian informasi bagi mahasiswa

Internet
Sejarah internet di Indonesia bermula pada awal tahun 1990-an . Saat itu, jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai Paguyuban Network. M.Samik Ibrahim, Suryono Adiesoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Outu, Firman Sireger, Adi indrayanto, Onno W. Purbo adalah sejumlah nama egendaris di awal pembangunan Internet di Indonesia (tahun 1992 hingga 1994). Masing-masing telah menyumbangkan keahlian dan dedikasinya dalam membangun fondasi jaringan komputer dan internet di Indonesia .
Sebagian besar masyarakat Indonesia baru bisa menikmati layanan internet komersialsekitar tahun 1994. Sebelumnya, beberapa perguruan tinggi sudah menggunakan layanan internet ini, contoh saja Universitas Indonesia telah terlebih dahulu menggunakan jaringan internet melalui gateway yang menghubungkan komputer UI dengan jaringan komputer luar negeri .
Menurut Data APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), pengguna internet di Indonesia mencapai 25 juta orang di akhir tahun 2007 . Di seluru asia, jumla pengakses internet di Indonesia menduduki peringkat ke 5 .
Semakin majunya perkembangan internet di indonesia kini internet telah di gunakan dalam berbagai hal . Seperti dunia pendidikan, pelaku bisnis, pemerintahan dll .
1 ) Manfaat penggunaan internet dalam pencarian informasi
Bagi mahasiswa :
Kebutuhan akan informasi yang cepat dan uptodate membuat mahasiswa membutuhkan sesuatu yang dapat di andalakan dan di gunakan hampir setiap saat mereka membutuhkan . Salah satunya internet, internet membuat mahasiswa lebih mudah untuk menemukan hal-hal baru untuk menunjang apa yang mereka butuhkan . Internet sebagai sarana GUDANG INFORMASI membatu para mahasiswa untuk mengetahui segala informasi di belahan dunia manapun dapat di peroleh dalam sekejap .
Internet sebagai perpustakaan online memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk dapat mendapatkan ilmu baru dalam pendidikannya . Hal ini juga membatu bagi mahasiswa untuk mendapatkan referensi dan literatur dalam pengerjaan tugas mereka .
Bagi Pelaku Bisnis :
Semakin cerdasnya pelaku bisnis di indonesia membuat para pelaku bisnis bersaing untuk memajukan produk mereka dengan cepat . Salah satu yang tengah marak belakangan ini adalah penggunaan internet dalam proses perdagangan . Dalam hal ini para pelaku bisnis menggunakan internet untuk mencari harga bahan baku yang berkualitas dan juga tetap mengikuti budget yang ada . Jenis-jenis bahan baku pun sangat mudah di temukan di internet, mulai dari pengklasifikasian harga, jenis, mutu dll . Ini membantu pelaku bisnis untuk memaksimalkan waktu yang di butuhkan untuk produksi .
Pelaku bisinis juga menggunakan internet untuk media pencari produk apa yang sedang di minati pasar . hal ini dapat membantu para pelaku bisinis untuk mengerti dan mengikuti kemauan pasar, dan produk apa yang sedang tenar dalam pasar .
Bagi Pemerintah :
Bagi kepemerintahan, internet bisa membantu pemerintah untuk mensosialisasikan program-program baru yang telah dirancang untuk masyaratak . Masyarakat pun lebih mudah menyalurkan aspirasi mereka kepada kepemerintahan . Melalui internet pun pemerintahan dapat mencari investor-investor untuk bekerjasama dengan mereka . Dimana mereka dapat mempromosikan program-program mereka kepada investor-investor lokal maupun luar negeri Instalasi kepemerintahan juga menjadi lebih mudah dalam mengerti kemajuan masyarakat .
2 ) Penerimaan PNS Online
Dalam penerimaan PNS banyak sekali peminat untuk menjadi PNS, karena prospek kedepan yang cerah membuat banyak orang berbondong-bondong untuk mendaftar sebgai PNS . Hal ini akan sulit jika masih saja dilakukan penerimaan PNS dengan cara manual . Karena begitu banyaknya peminat untuk menjadi PNS . CPNS online mempermudah Instalasi pemerintahan untuk menyeleksi kandidat mana yang bisa melanjutkan ke tahap berikutnya atau tidak . Sehingga instalasi kepemerintahan akan lebih mudah untuk mendaatkan pegawai yang sesuai dengan kriteria mereka . Oleh sebab itu CPNS online sangat perlu dan membatu untuk peneriamaan PNS.
Masyarakat akan lebih percaya tentang penerimaan PNS online karena semua sudah terkonsep di komputer sebagai media informasi yang membantu penerimaan PNS . Dimana komputer sudah di set dengan kriteria tertentu . Oleh sebab itu akan sangat meminimalisir adanya KKN dalam penerimaan PNS.
3 ) Sisi merugikan dalam Pemanfaatan Internet
Selain memiliki manfaat internet juga memiliki sisi merugikan atau sisi lemah, beberapa di antaranya adalah :
A. Ancaman Virus Trojan, dan sejenisnya
Ancaman virus sering kali menghantui pengguna komputer, virus bisa merusak data yang ada dalam komputer anda . Virus pun sering kali disebarkan melalui internet . Virus ini bisa di masukan kedalam data yang di unduh ataupun langsu masuk ketika jaringan internet berjalan
B. Ancaman Pencurian data dan informasi oleh pihak tidak bertanggung jawab
Data digital yang ada di internet rawan akan pencurian ang di lakukan oleh peretas(hacker dan cracker) yang dapat digunakan untuk tindak kejahatan . Hal ini bisa menyebabkan informasi penting yang seharusnya hanya diketahui oleh beberapa orang saja, atau instalasi tertentu bisa mudah tersebar dan mudah di salah gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab .
C. Menyebarkan budaya negatif dengan cepat
Kelemahan lain dari internet adalah menyebarnya budaya negatif dalam internet contohnya adalah perjudian online, pornografi, penipuan, tayangan amoral dll. Hal ini sangat sulit di indari karena pengakses internet di indonesia terdiri dari semua kalangan masyarakat mulai dari yang tua muda dan juga anak kecil .
D. Ketergantungan pada internet yang membuat masyarakat lupa akan adat asli
Internet sekarang sudah menjadi sebuah gaya hidup dimana setiap hari orang akan mengakses internet melalui ponsel, tablet, komputer atau gadget apa pun yang mereka punya . Hal ini membuat mereka bergantung terhadap internet dan melupakan adat istiadat daerah mereka . Dan kebanyakan internet akan membawa budaya baru dalam masyarakat .
Demikian lah artikel tentang Internet dan pemanfaatnya bagi mahasiswa, pelaku bisnis, dan pemerintahan . Sebaiknya internet digunakan dengan baik dan dengan bijaksana agar internet tetap bermanfaat dan tidak merugikan . Sekian artikel ini ..... semoga bermanfaat .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar